SIMULASI UNBK 




UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. 


Kini aku berada di kelas 9 di SMP Pius Bakti Utama Gombong, yang berarti tahun pelajaran 2017/2018 ini merupakan tahun terakhirku menempuh pendidikan di jenjang SMP. Dan tidak lama lagi aku dan teman-teman serta seluruh siswa-siswi SMP akan menghadapi ujian nasional. Sungguh, waktu berjalan begitu cepat. ヅ 
Ujian Nasional merupakan pesta pendidikan terbesar bagi peserta didik di semua jenjang pendidikan. Pelaksanaan ujian nasional di sekolahku sudah menggunakan sistem pelaksanaan ujian berbasis komputer. Maka untuk mempersiapkan pelaksanaan UNBK, dilaksanakanlah simulasi UNBK.

Apa itu Simulasi UNBK ??

Simulasi adalah metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Sedangkan UNBK adalah kepanjangan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jadi, Simulasi UNBK dapat dikatakan sebagai pelatihan pelaksanaan UNBK. Dengan adanya simulasi ini, dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kesiapannya menghadapi ujian nasional. 

Ya. Aku pun mengikuti simulasi UNBK, tepatnya pada hari Senin (11/20/17) sampai Selasa (11/21/2017) kemarin. Yaa, pengalaman pertamaku mengikuti simulasi ini dapat kukatakan sangat seru.

HARI PERTAMA
Aku dan teman-teman kelas 9 SMP Pius BU Gombong mengikuti simulasi di hari pertama dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Matematika dan Bahasa Indonesia. 
Pada hari Senin, kami berangkat sekolah seperti biasa pada pagi hari. Kemudian setelah itu Ibu Valen membacakan nama siswa siswi yang akan mengikuti simulasi pada sesi 1 pada pukul 07.30 - 09.30 WIB, karena di simulasi ini penyelenggaraannya dibagi dalam 3 sesi. Tak kusangka. kukira aku akan ada dalam sesi 1, ternyata tidak. Aku sangat khawatir pada waktu itu seandainya aku masuk di sesi 1 karena waktu itu memang belum sepenuhnya memahami dan menguasai materi matematika yang kelas 7 dan 8. 
Setelah mengetahui bahwa aku bukan di sesi 1, aku dan teman-teman yang belum mengetahui sesinya berkumpul di kelas 9B bersama Bapak Robert yang adalah guru matematika kelas 9 untuk belajar bersama. Banyak dari kami meminta penjelasan kembali tentang beberapa materi kelas 8. Lalu kami juga menanyakan dan membahas bersama soal matematika yang dianggap sukar atau belum paham cara pengerjaannya. Waktu-waktu itu sangat berharga bagiku, karena aku jadi paham dan mengerti kembali materi juga soal-soal yang kuanggap sukar. Waktu berjalan hingga Bu Valent menempelkan kertas di papan informasi di kelas kami mengenai daftar siswa dalam pembagian pelaksanaan simulasi. Saat kulihat aku ternyata akan mengikuti sesi ke 2. Sesi ke 2 akan dilaksanakan pada pukul 10.30 - 12.30 WIB. Lalu sekitar pukul 10.00 WIB aku dan teman-teman menunggu di teras Laboratorium Komputer sekolah kami.
Hingga tiba waktunya aku beserta teman teman di sesi ke 2 masuk ruang ujian. Nervous itu ada, tapi tidak sampai membuatku takut karena sebelumnya aku pernah mengerjakan soal atau tes menggunakan komputer.
Pengawas di ruanganku ialah Bapak Robertus Agung, Ibu Anastasia Suryaningsih dan Ibu Herlina. Aku duduk di komputer kedua. Sebelum mengerjakan soal aku dan teman teman berdoa dipimpin oleh salah satu teman, lalu memberi salam pada para pengawas lalu mulai mengerjakan soal. Terdapat 40 yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda Matematika dan 20 pilihan ganda soal Bahasa Indonesia dengan waktu mengerjakan selama 120 menit (2 jam).

Aku bersyukur berkat waktu belajarku di rumah juga di sekolah bersama teman teman. Aku dapat mengerjakan soal dengan baik, walaupun memang kudapati beberapa soal yang belum kupelajari sungguh, hehehe.
Akhirnya kami selesai tes kira kira pukul 13.00 WIB.  Lalu istirahat sebentar dan dilanjut dengan sesi ke 3 sekitar pukul 14.00 - 16.00 WIB.

HARI KEDUA
Yang juga merupakan hari terakhirku mengikuti simulasi UNBK. Oiya, sesuai dengan ketentuan yang telah disampaikan kemarin, siswa yang mengikuti sesi pertama pada ujian hari Senin pada hari ini masuk di sesi ke 2, sesi ke 2 menjadi sesi 3 dan sesi ke 3 menjadi sesi pertama. Aku sangat senang bisa masuk di sesi ke 3 karena aku masih perlu mendalami beberapa materi IPA. Aku berangkat dari rumah pukul 09.30 WIB. Sesampainya di sekolah ternyata teman-teman sesi pertama baru saja keluar dari ruangan. Kemudian aku kembali membaca buku dan mencoba mengerjakan soal-soal IPA. Hingga pada waktu ujian sesi ke 3 dimulai, kami masuk ruangan, berdoa lalu memberi salam kepada Bapak/Ibu Guru pengawas. Kemudian mengerjakan 40 soal yang terdiri dari 20 soal IPA dan 20 soal Bahasa Inggris. Di ujian ku hari kedua kali ini, pertama kuanggap soal-soal IPA yang akan kukerjakan akan sangat rumit dan susah, tetapi ternyata dugaanku salah, aku bersyukur hampir seluruh soal dapat kukerjakan dengan baik, begitu juga dengan soal bahasa Inggris. Waktu ujian berlalu hingga sekitar pukul 15.00 WIB kami keluar dari ruangan.

Sungguh sangat lega rasanya sudah mengikuti simulasi UNBK kali ini, ya walaupun kusadari di simulasi UNBK dari hari Senin dan Selasa kali ini persiapan dariku sendiri belum mantang. Aku menyadari akan cukup banyak materi belajar dari kelas 7 dan 8 yang sudah kulupa :v.
Tapi lewat simulasi UNBK ini aku memang dapat banyak pengalaman dan pembelajaran, bahwa untuk kedepannya saat aku mengikuti ujian aku harus memaksimalkan waktu belajarku, membagi waktu dengan baik, dari mana waktu untuk belajar atau bermain, lalu juga kesiapan mental seperti rasa percaya diri, pantang menyerah, kejujuran sangatlah penting.

Harapanku di ujian ujian yang akan datang, baik TUC yang diselenggarakan oleh sekolah hingga pada akhirnya yaitu ujian nasional berbasis computer aku dapat mempersiapkan diri dengan maksimal, melakukan yang terbaik dan mendapat hasil yang baik pula, pastinya juga lulus 100% dengan nilai yang memuaskan dan membanggakan.

Sekian dari pengalamanku dalam mengikuti simulasi UNBK beberapa waktu yang lalu. Semoga dapat menginspirasi kita semua..
Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata, tanggal, nama, istilah dan lain-lain.
Stay tune untuk blog-blog ku selanjutnya yaa.. Terimakasih!

Komentar

Postingan Populer